Inilah Cara Cek dan Bayar BPJS yang Paling Mudah dan Praktis untuk Anda Lakukan

Biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan di rumah sakit atau terjadi kecelakaan fatal yang melibatkan Anda pastinya membutuhkan dana yang besar untuk proses tersebut. Terutama, jika berasal dari keluarga yang kurang mampu secara finansial, pastinya hal tersebut adalah mala petaka untuk mereka. Namun, sekarang ini pemerintah Indonesia sudah memperdulikan kesejahteraan rakyatnya dalam bidang apa pun termasuk dalam aspek kesehatan. Sekarang ini, sudah ada layanan kesehatan yang bisa diambil oleh seluruh kalangan masyarakat yang ada di Indonesia, yakni Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau yang kerap disebut dengan BPJS. Layaknya sebuah asuransi, Anda harus membayar iurannya sebulan sekali sesuai dengan besaran yang diambil. Untuk bayar BPJSAnda harus mengetahui dahulu berapa nominal yang harus dibayarkan sesuai kelasnya dan apa saja yang didapat :

Bayar BPJS 2018

  • Kelas 1

Pada BPJS kelas 1, Anda harus membayar sebesar Rp. 59.500 pada awalnya. Namun, sekarang sudah berbeda dan naik menjadi Rp. 80.000 setiap bulannya. Saat Anda dirawat di rumah sakit, Anda akan mendapatkan kamar dengan kelas 1 dimana di dalamnya berisikan 2 hingga 4 tempat tidur. Segala layanan yang diberikan memang terasa lebih baik dan Anda pun mendapat keuntungan juga dari memilih kelas ini. Untuk membayar tagihannya, Anda bisa bayarkan secara langsung atau dengan online, mau pun memakai jasa yang ada pada situs belanja online atau aplikasi jual beli online.

  • Kelas 2

Jika Anda mengambil kelas 2, memang biaya yang dikeluarkan serta fasilitas yang nantinya Anda dapatkan tidak terlalu jauh beda dengan kelas 1. Setiap bulannya, jika mengambil kelas ini Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 42.500 pada awalnya, namun telah berubah menjadi Rp. 51.000. jika Anda mengalami kecelakaan atau terkena penyakit, maka Anda akan dirawat dalam kamar kelas 2, dimana berisikan 3 hingga 5 tempat tidur yang dapat diisi dengan orang lain pada setiap ruangannya. Anda pun akan dirawat inap dan mendapatkan fasilitas serta pelayanan yang sama seperti pasien lainnya, tanpa perbedaan.

  • Kelas 3

Kelas terakhir yang bisa Anda ambil adalah kelas 3, dimana Anda harus bayar BPJS tersebut sebesar Rp. 25.500 pada semulanya, namun telah berubah menjadi Rp. 30.000 per bulannya. Jika Anda sakit atau mengalami kecelakaan, Anda bisa mendapatkan kamar untuk rawat inap setara dengan kelas 3, dimana di dalamnya terdapat 4 hingga 6 tempat tidur yang akan ditempati oleh pasien lainnya, namun perawatan yang Anda terima sifatnya sama dengan yang lain.

Itulah ketiga kelas dari layanan BPJS ini yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Jika Anda ingin membayarkannya, Anda bisa mengeceknya dengan cara:

  • Website

Anda bisa mengecek jumlah biaya atau tunggakan Anda yang harus dibayarkan dengan memakai website resmi dari penyelenggara layanan kesehatan tersebut. Untuk bisa melihatnya, masukkan nomor kartu serta tanggal lahir Anda dan beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Setelah itu, Anda bisa melihat langsung jumlah dari tunggakan iuran tersebut yang harus Anda bayarkan dan yang sudah Anda bayarkan.

  • SMS

Dengan ponsel, Anda dapat bayar BPJS dan mengeceknya dengan menggunakan SMS. Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda yang tidak mengerti cara menggunakan internet dan tetap dengan mudah membayar tagihannya. Untuk mengaksesnya, Anda bisa mengirimkan SMS data diri berupa nomor NIK atau nomor kartu ke nomor 0877 5500 400. Nantinya informasi tentang tagihan dan juga layanan BPJS Anda akan tertera disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *