Nama Nama Batik Indonesia Terpopuler 2017

Daftar Batik dari Indonesia yang Namanya Mendunia

Batik semakin eksis di dunia busana internasional. Kini tak hanya orang Indonesia saja yang mengenakan batik, para selebriti dan pemimpin dunia pun tak lagi sungkan untuk memakai baju dengan motif yang khas Indonesia ini.

Dari sekian banyak motif batik yang ada di Nusantara ini, beberapa di antaranya kini telah mendunia. Wah, bangga rasanya ketika semua bangsa mengakui kekayaan Indonesia. Berikut adalah motif-motif batik yang kini populer di dunia busana.

Batik Solo

Batik Solo merupakan warisan budaya turun-temurun yang saat ini semakin berkembang. Kekhasan Batik Solo ada pada polesan warna coklatnya, dengan motif bunga yang diperkuat dengan titik-titik dan lengkungan.

Batik Pekalongan

Batik Pekalongan juga dikenal dengan nama Batik Tujuh Rupa, memiliki gambaran yang sangat kuat tentang alam. Tak heran kalau kebanyakan Batik Pekalongan mengangkat tema tumbuhan atau hewan.

Batik Cirebon

Kalau Batik Pekalongan tentang hewan dan tumbuhan, Batik Cirebon bercerita tentang awan sehingga disebut juga dengan nama Batik Mega Mendung. Motif yang dimiliki oleh Batik Cirebon memang mirip dengan gambaran awan. Kekhasan ini kabarnya sangat disukai oleh generasi muda.

Batik Madura

Batik Madura memiliki ciri khas motif bernama Gentongan karena melewati proses pencelupan yang menggunakan gentong sebagai wadahnya. Motif ini kebanyakan bertema tumbuhan atau abstak, dihiasi dengan warna-warna yang lebih cerah, seperti merah, hijau, kuning, atau ungu.

Batik Yogyakarta

Batik Yogyakarta memiliki motif keraton, mengambil asal-usul budaya Jawa yang dulu adalah kerajaan atau kekeratonan. Dulu, batik ini hanya dikenakan oleh para keturunan raja saja. Namun dengan semakin berkembangnya zaman, kini Batik Yogyakarta dikenakan dan dikagumi siapa saja.

Batik Jawa Tengah

Kalau Batik Jawa Tengah memiliki ciri khas motif Kawung. Motif ini disebut-sebut mirip dengan uang sepuluh sen kuno, yang berbentuk bulat dengan lubang di tengah koinnya. Biarpun sederhana, Batik Jawa Tengah ini juga banyak peminatnya.

Batik Parang

Disebut Batik Parang karena motifnya menyerupai bilah parang. Batik ini penggunaannya tersebar merata dari Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Barat. Setiap daerah memiliki ciri khas Batik Parang tersendiri. Jawa Barat memiliki Parang Klisik, Jawa Tengah punya Parang Slobog, dan Yogyakarta dengan Parang Baron dan Parang Rusak-nya.

Begitu kayanya budaya Indonesia, setiap daerah pun memiliki motif batik sendiri-sendiri. Masih ada banyak motif-motif batik yang belum disebutkan di atas. Beruntung di Indonesia batik sangat mudah ditemui. Dimulai dari Tokopedia, Anda bisa dengan mudah Belanja Produk Brand Original lewat Toko Online Terpercaya.

Situs jual beli online ini menyediakan baju-baju batik dengan berbagai motif. Tinggal browsing, pilih batik yang diminati, bayar sesuai dengan keinginan, batik pun sampai di tangan. Bergaya dengan batik bakal lebih mudah bersama Tokopedia. [tmi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *