Perhatikan Dokumen Ini Sebelum Transaksi Jual Beli Mobil

Sebelum Anda melakukan jual beli mobil tentu saja sangat disarankan anda memperhatikan dokumen-dokumen pelengkapnya. Dengan begitu anda bisa mendapatkan mobil yang anda inginkan tanpa harus bermasalah akibat dokumen mobil yang tidak lengkap. Melakukan transaksi pembelian mobil memang harus memperhatikan berbagai aspek. Anda memang perlu fokus dalam mencermati kondisi fisik mobil apakah dalam kondisi yang baik atau tidak. Akan tetapi jangan sampai Anda tidak memperhatikan kelengkapan dokumen atau surat mobil. Oleh karena itu penting bagi anda untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Jual Beli Mobil Bekas

Mobil memang menjadi satu kebutuhan yang mulai dirasakan oleh masyarakat. Karena mobil menjadi alat transportasi pribadi yang memudahkan mobilitas dalam pemenuhan kebutuhan. Oleh karena itu saat anda akan melakukan pembelian mobil Anda tentu perlu memperhatikan bagaimana spesifikasi dan juga kualitas dari mobil. Baik Anda melakukan pembelian mobil dalam kondisi baru maupun dalam kondisi second hand atau bekas. Apalagi bila ternyata anda melakukan jual beli mobil bekas tentu saja kecermatan perlu ditingkatkan. Seperti misalnya dalam memperhatikan dan mengecek kondisi eksterior mobil apakah ada yang mengalami lecet, memperhatikan kondisi interior mobil dan juga kendali didalamnya apakah masih berfungsi dengan baik. Anda juga perlu memperhatikan kualitas dan kondisi mesin apakah memang benar-benar masih layak pakai dan juga sesuai dengan harga yang dipatok. Akan tetapi tentu tidak sampai disitu saja. Anda juga perlu memastikan legalitas dari mobil yang ditawarkan baik mobil dalam kondisi baru maupun bekas atau second hand. Disinilah anda sangat perlu untuk mengetahui apa saja dokumen yang sebenarnya harus dimiliki oleh sebuah mobil. Karena pada umumnya tidak semua orang memahami bahwa dokumen mobil tidak hanya sebagatas STNK dan BPKB saja. Maka untuk mengetahui informasi secara lengkap anda bisa memperhatikan ulasan berikut ini.

Dokumen yang menyertai mobil adalah dokumen yang akan menjelaskan bahwa mobil yang akan menjadi milik Anda adalah mobil yang legal dan resmi menjadi milik Anda. Dokumen ini tetap harus dimiliki baik anda melakukan jual beli mobil kredit maupun anda melakukan jual beli secara tunai. Apa saja dokumen yang harus dimiliki? Yang pertama adalah Cuku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB. BPKB ini adlaah surat yang berbentuk buku dimana surat ini akan menjelaskan mengenai kepemilikan mobil secara sah. Sebelum Anda menerimanya, sangat disarankan anda mengecek informasi yang tertera pada BPKB apakah sudah benar atau belum. Selain itu perhatikan apakah BPKB berupakan BPKB lama atau baru. Yang kedua Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK dan juga lembar pajak. Pada surat ini akan ditampilkan informasi mengenai nomos polisi, nomos mesin, nomor rangka, lembar pajak, dan lain sebagainya. Perhatikan dengan baik STNK dan lembar pajak ini dan pastikan bahwa kedua surat tersebut belum kadaluarsa. Bila lembar pajak sudah mendekati jatuh tempo maka anda bisa melakukan negosiasi harga bila Anda membeli mobil bekas. Yang ketiga Faktur Kendaraan Bermotor yang juga sering disebut dengan surat lahir kendaraan. Umumnya Faktur Kendaraan Bermotor ini digunakan saat melakukan proses pembuatan BPKB. Kemudian yang keempat ada Form A. Form A ini adalah surat yang menjelaskan bahwa pemasukan mobil ini sudah melunasi pajak dan juga bea masuk. Bila anda melakukan pembelian mobil bekas, pastikan pula Anda memiliki fotokopi KTP Pemilik terutama untuk proses balik namaserta kuitansi kosong.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *