Stress Karena Rumah? Tidak Lagi!

Seharusnya, rumah adalah tempat yang paling nyaman untuk ditinggali. Terutama apabila Anda adalah tipe pekerja keras yang sudah bekerja dari pagi sampai malam, sehingga ketika sampai rumah rasanya ingin beristirahat. Namun, jika Anda adalah tipe keluarga baru yang mana kedua pihak sama-sama bekerja karena tuntutan ekonomi sehingga di rumah tidak ada yang merawat dan membersihkan. Ketika pulang rasanya sudah ingin beristirahat, namun melihat keadaan rumah yang sangat berantakan sehingga rasa capek akan semakin bertambah. Hal-hal seperti itulah yang tidak Anda sangka-sangka akan membuat Anda semakin stress dan terasa lelah.

Interior Desain Rumah

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa interior design, pencahayaan rumah, tata letak sebuah rumah adalah beberapa faktor utama yang menyebabkan seseorang bisa menjadi stress jika hal-hal tersebut salah. Itu karena secara tidak langsung, design sebuah ruangan dapat mempengaruhi perasaan dan pikiran Anda. Selain itu, ada juga beberapa kondisi di dalam rumah yang membuat mood dan pikiran Anda jadi jelek, dan tentu Anda juga bisa menghindari terjadinya hal-hal tersebut seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Berantakan

Tentu, rumah yang berantakan akan membuat Anda jadi khawatir dan tidak tenang. Beban Anda akan terasa semakin banyak dan berat karena Anda masih harus membersihkan rumah yang sangat berantakan. Cucian baju yang menumpuk, piring yang belum dicuci, debu yang menempel di mana-mana. Tentu hal ini sangat menghantui pikiran Anda. Karena itu, buatlah jadwal rutin mingguan untuk membersihkan rumah Anda secara khusus. Minimal, hindarilah hal-hal yang membuat rumah Anda jadi berantakan dengan cara jangan menunda dan menumpuk.

  1. Rumah yang Gelap

Hal ini akan secara tidak langsung mempengaruhi mood Anda. Ketika ruangan Anda kekurangan cahaya dan jadi gelap, maka mood Anda akan jadi jelek karena suasananya jadi membuat Anda gloomy atau suram. Anda juga akan jadi terasa tidak bersemangat, terutama jika di pagi hari dan akan berdampak sampai seharian. Rajinlah membuka jendela di pagi hari, atau ganti lampu Anda jadi lebih terang.

  1. Terlalu Terang juga Tidak Baik

Ternyata, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Jika terlalu gelap, tidak baik. Sebaliknya, terlalu terang juga tidak baik. Hal ini karena suasana yang terlalu terang akan membuat Anda terasa terburu-buru untuk melakukan segala sesuatu. Anda bisa mengurangi jumlah cahaya yang masuk dengan memasang gorden yang tepat di rumah Anda.

 

  1. Sempit dan Kecil

Saat ini, rumah dengan ukuran kecil memang sedang menjadi trend di kalangan keluarga muda. Hal ini bisa diatasi dengan penataan letak furnitur yang baik. Pemanfaatan ruangan berukuran kecil dengan baik tentu akan bisa membuat rumah yang berukuran kecil jadi tidak terasa sempit.

  1. Banyak Debu

Benda-benda di rumah Anda akan membuat banyak tabungan debu dan kotoran di rumah Anda. Biasanya benda-benda tersebut adalah benda-benda dengan ukuran yang kecil yang tidak memiliki fungsi yang berarti seperti hiasan dan lain-lain yang cukup menyulitkan untuk dibersihkan. Simpanlah benda-benda tersebut dan rajinlah untuk membersihkan barang-barang berukuran besar yang memang tidak bisa disimpan.

  1. Salah Warna

Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa warna memiliki peran dalam mengatur kondisi psikologis Anda. Beberapa warna dapat membuat Anda terasa bersemangat, dan ada juga yang membuat kondisi psikologis Anda jadi lebih rileks. Karena itu, pilihlah warna yang tepat untuk rumah Anda. Jika pemilihan warna di sebuah ruangan tidak cocok dengan fungsinya maka segeralah ganti warna tembok Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *