Tips Menghindari Masalah Keluarga Sebelum Nikah

4 Pertengkaran yang biasa dialami calon pengantin & cara atasinya

Momen pernikahan adalah kesempatan bagi pasangan calon pengantin untuk bekerja sama dan saling mendukung demi mewujudkan visi sebuah pernikahan impian. Namun tak jarang pula proses persiapan pernikahan justru memancing pertengkaran di antara kedua pihak. Maka, untuk menghindari konflik selama perencanaan pernikahan, kami merangkum 4 topik yang kerap menjadi sumber permasalahan dan bagaimana mengatasinya.

Uang dan anggaran pernikahan

Anda jatuh cinta pada sebuah gaun pengantin yang cantik, sedangkan pasangan Anda lebih mementingkan lokasi resepsi pernikahan. Jika tidak ada yang mau mengalah, anggaran pernikahan pun berpotensi akan membengkak dan menyebabkan masalah baru. Berusahalah untuk berkompromi dalam menghadapinya.

Yang terpenting adalah momen pernikahan yang sakral, bukan pestanya saja. Dengan belajar saling berkompromi, Anda akan dapat menghadapi persoalan yang lebih besar saat telah menikah kelak.

Keluarga

Calon mertua yang terlalu ikut campur, sepupu yang sulit diatur atau paman yang sering membuat komentar negatif – dalam sebuah keluarga tak jarang ada saja kasus seperti ini yang mengusik pasangan calon pengantin. Sebelum menjadi semakin runyam, ingatlah bahwa bagaimana pun juga keluarga Anda dan pasangan adalah kelompok yang terpenting. Diskusikan dan cari jalan keluar bersama, tak lama lagi mereka akan menjadi satu keluarga besar.

Pembagian tugas

Keluhan utama yang sering terlontar saat mengerjakan proyek bersama adalah, jika yang satu merasa pasangannya tidak bisa mengerjakan tugas sesuai dengan ekspektasinya. Jika hal ini terjadi pada Anda, di mana Anda mengurus semua pernak pernik pernikahan sedangkan pasangan tampak cuek dengan semua prosesnya, segera bicarakan.

Jangan simpan dalam hati unek-unek Anda karena hanya akan menyatu menjadi sebuah masalah besar kelak. Jelaskan bahwa pernikahan ini adalah acara berdua dan beri tugas yang akan dia senangi. Misalnya mengatur perjalanan bulan madu atau memilih grup band dan DJ yang akan mengisi panggung hiburan Anda.

Masa lalu

Hubungan Anda dengan mantan kekasih mungkin masih terjalin baik dan Anda ingin mengundangnya ke pernikahan Anda. Untuk menghindari konflik, jelaskan pada pasangan tentang alasan Anda. Namun, Anda juga harus terbuka jika ia ingin mengundang mantan kekasihnya pula. Jika ada rasa keberatan dari pasangan, hargai pendapat dan perasaannya. Fokuslah pada hubungan masa depan Anda, bukan yang sudah berlalu. [tsr]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *